Rabu, 17 Juni 2015

Tips Memperpanjang Usia Mobil Anda


( Mitraca ) Perawatan mobil pribadi yang Anda lakukan setiap harinya  adalah hal yang harus dilakukan secara rutin  dan berkala.  Selain karena mobil merupakan benda luxury bagi sebagian besar orang  juga  memiliki mobil merupakan sebuah kebanggaan dan sekaligus kemudahan. 
Rata-rata harganya 100 juta ke atas, baru-baru ini keluar mobil dibawah harga 100an juta.  Semua pemiliknya menginginkan mobil awet dan berusia panjang.  Selain karena harga beli kembalinya semakin tahun makin mahal, juga merasa lebih nyaman dengan mobil tersebut.
Bagaimana caranya supaya mobil berumur panjang? Mesin merupakan bagian yang paling penting dari sebuah mobil, ibarat manusia yang paling penting adalah jantungnya, maka demikian juga dengan mesin mobil.  Bila jantung manusia berhenti maka matilah ia, demikian pula mobil bila mesinnya mati maka mobil tidak bisa berfungsi lagi.  Karena itu bila ingin mobil anda berumur panjang maka rawatlah mesinnya.
Berikut tips merawat mesin mobil:
1.       Ganti oli secara berkala
Oli berfungsi untuk mengurangi gesekan di dalam mesin mobil, bila mesin tidak menggunakan oli maka part mesin akan cepat rusak dan aus.  Itu sebabnya oli sangat penting untuk merawat mesin mobil.  Penggantian oli dilakukan berdasarkan jarak tempuh mobil, disarankan untuk dilakukan setiap 3.000 sampai dengan 5.000 mil jarak tempuh.
2.       Cek rutin radiator dan pengurasan air radiator
Radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap normal tidak overheating.  Lakukan pemeriksaan rutin radiator supaya kondisinya selalu terjaga dan menghindari kebocoran.  Disarankan untuk menguras air radiator atau menggantinya setiap 10.000 km jarak tempuh.
3.        Cek timing belt secara rutin
Timing belt berfungsi untuk putaran roda-roda gigi yang terhubung di bagian dalam mesin mobil.  Bila timing belt putus maka akan merusak mesin mobil.  Oleh sebab itu perlu sekali melakukan pemeriksaan timing belt secara rutin sehingga terhindar dari kerusakan timing belt.  Kerusakan timing belt ditandai dengan suara dengung pada saat mesin dijalankan.
4.        Tune Up secara rutin
Tune up biasanya dilakukan di bengkel yang memiliki tenaga ahli / teknisi yang akan memeriksa seluruh kondisi mobil.  Ini sangat penting untuk memelihara mesin sehingga tetap awet.
Dengan melakukan tips di atas, semoga mesin mobil Anda selalu awet dan berumur panjang.  Asuransi Mobil ACA memberikan perlindungan bagi mobil Anda terhadap kerugian atau kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas.  Hubungi Sdri. Gaby Yong di nomor 0856 7177306 atau Sdri. Sharon di nomor 0821 98207682.

0 komentar:

Posting Komentar