Senin, 20 November 2017

Asuransi Professional Indemnity (Professional Indemnity Insurance)


Professional Indemnity Insurance menyediakan jaminan perlindungan bagi para pekerja profesi/ profesional dalam menghadapi tuntutan hukum clientnya atas pelanggaran tugas profesional dalam pelaksanaan usaha anda dalam menjalankan usaha dan profesinya. Secara umum, Professional Indemnity Insurance menjamin kerugian ekonomi/finansial akibat pelaksanaan atau gagal melaksanakan jasa profesi yang umumnya berupa advice, report, survey, dan lain-lain.


Situasi Saat Ini

Meningkatnya tanggung jawab yang diemban oleh para profesional telah meningkatkan kebutuhan akan adanya suatu produk asuransi komprehensif untuk melindungi para profesional atas biaya yang lahir dari tuntutan hukum, untuk mempertahankan reputasi dan nama baik mereka pribadi dan juga nama baik profesinya. Hal ini juga sebagai konsekuensi dari globalisasi, penyedia layanan di Asia Tenggara dan China menganggap asuransi tanggung gugat profesi sebagai salah satu syarat prasyarat ketika tender untuk bisnis dengan perusahaan di luar negeri, terutama di mana kontrak diberikan oleh klien yang berbasis di AS, Eropa, Inggris dan Australasia. Hal ini didorong oleh lingkungan sadar hukum di wilayah tersebut. Satu klaim dapat merusak bisnis secara finansial karena litigasi dapat menjadi mahal, memakan waktu dan sumber daya banyak. Anda mungkin mendapati diri Anda menghadapi litigasi bahkan jika Anda tidak melakukan sesuatu yang salah, disini asuransi Professional Indemnity akan memberikan perlindungan bagi Anda ketika menghadapi klaim tersebut.



Menjawab kebutuhan ini, Perusahaan Asuransi telah mengembangkan Professional Indemnity, produk asuransi yang akan memberikan jaminan komprehensif yang diluncurkan khusus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kontemporer dari client yang bekerja sebagai profesional seperti pengacara, arsitek, bidang advertising, dan lain-lain.



Profesional Indemnity (PI) memberikan jaminan setiap tanggung jawab hukum untuk membayar Kompensasi; dan setiap biaya dan beban yang ditetapkan harus Tertanggung bayar yang timbul dari setiap tanggung jawab hukum yang berasal dari Klaim atas pelanggaran tugas profesional dalam pelaksanaan Usaha Anda dengan ketentuan bahwa Klaim tersebut pertama kali diajukan selama Periode Asuransi dan dilaporkan kepada kami selam Periode Asuransi atau, jika ada, selama periode perpanjangan pelaporan.



Mengapa Anda Membutuhkan Asuransi Professional Indemnity?

Jika Anda memberikan layanan profesional jenis apapun yang menggunakan pengetahuan atau keahlian khusus, terdapat kemungkinan Anda menghadapi tuntutan tanggung jawab perdata. Dengan klien yang semakin sadar akan hak mereka untuk menuntut kompensasi kepada profesional, Anda dapat diminta untuk bertanggung jawab atas ‘kerugian keuangan’ klien jika kerugian tersebut dianggap terjadi sebagai akibat dari kelalaian profesional Anda.



Asuransi Profesional Indemnity akan melindungi Anda terhadap potensi:

beban keuangan dari perkara hukum
rusaknya reputasi bisnis Anda
rusaknya integritas pribadi
hilangnya aset pribadi Anda karena tidak diasuransikan


Asuransi ini juga akan mencakup biaya hukum, yang sangat penting karena biaya pendampingan hukum saja dapat berpotensi melumpuhkan bisnis apapun baik saat Anda akhirnya diputuskan bertanggung jawab atas klaim tersebut ataupun tidak. Juga penting untuk diingat bahwa perkara hukum yang melibatkan kelalaian profesional dapat bersifat sangat kompleks, panjang dan mahal. Untuk melindungi kepentingan Anda, sangat penting bagi Anda untuk memiliki akses kepada pendamping hukum yang kompeten dan berkualitas.



Apa yang dapat diberikan oleh Professional Idemnity Insurance?

Anda mungkin menghadapi berbagai tuntutan tanggung jawab perdata untuk:

pelanggaran kontrak untuk melaksanakan layanan profesional (tort liability)
pencemaran nama baik
kehilangan atau kerusakan dokumen
pelanggaran hak kekayaan intelektual
pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen


Professional Indemnity Insurance menawarkan perlindungan yang komprehensif, memberikan Anda kepercayaan diri untuk menghadapi potensi tantangan kewajiban hukum pada lingkungan bisnis saat ini. Jika Anda menghadapi perkara atau tuntutan hukum, Asuransi akan selalu siap untuk memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan.



Manfaat Utama

Melindungi Anda terhadap tanggung jawab perdata atas pelanggaran kewajiban profesional dalam pelaksanaan praktek profesional Anda
Menyediakan pertanggungan untuk penyelesaian perkara, kewajiban pemberian kompensasi yang dijatuhkan kepada Anda serta biaya pembelaan dan pengeluaran yang terkait dengan gugatan perdata.


Jaminan Tambahan Otomatis

Kompensasi untuk kehadiran di pengadilan
Perlindungan yang terus menerus
Kontraktor dan konsultan
Perpanjangan periode pelaporan
Tindakan yang disengaja
Anak perusahaan yang baru dibentuk
Biaya dan pengeluaran investigasi dan penyelidikan resmi
Biaya hubungan masyarakat/public relations
Biaya penggantian dokumen
Pengambil-alihan


Fitur Tambahan

Bisnis sebelumnya
Pengembalian batas ganti rugi


Pengecualian

Risiko kontrak murni (denda kontrak atau sanksi, denda, hukuman dijatuhkan langsung ke Tertanggung)
Cidera badan dan kerusakan properti
Klaim dan/ atau peristiwa yang sudah terjadi
Tindakan yang disengaja dari tertanggung
Anak perusahaan/ asosiasi (klaim antara perusahaan dari kelompok yang sama)
Badan-badan publik/ pihak berwenang
Kepailitan
Iklan palsu atau menyesatkan
Hak paten
Jaminan nilai masa depan dan pendapatan


Profesi yang membutuhkan Professional Indemnity Insurance

Professional Indemnity Insurance menawarkan jaminan ganti rugi profesional untuk banyak profesi, termasuk namun tidak terbatas pada:

Profesional di bidang akunting (termasuk bookkeeper)
Ahli agronomi dan konsultan pertanian
Konsultan energi bangunan
Profesional di bidang konstruksi dan teknik – arsitek, konsultan konstruksi, insinyur, desainer interior, arsitek lanscape dan surveyor
Penasihat keuangan dan penasihat investasi profesional
Profesional di bidang sumber daya manusia/SDM
Profesional di bidang Teknologi Informasi (IT)
Profesional di bidang hukum
Konsultan manajemen dan konsultan bisnis
Marketing, media dan konsultan penerbitan
Profesional di bidang kesehatan dan keselamatan kerja
Konsultan properti dan agen real estate (tidak termasuk penilai)
Organisasi dan konsultan hubungan masyarakat/public relations
Organisasi dan konsultan training terdaftar lainnya
Konsultan profesional manajemen risiko
Agen perjalanan/Travel agents
Dokter hewan


Contoh Potensi Klaim yang mungkin dihadapi

Seorang konsultan komputer dipekerjakan untuk mengembangkan sistem laporan baru untuk sebuah perusahaan yang berusaha mempersiapkan serangkaian laporan tahunan. Konsultan TI tersebut mengabaikan sejumlah aspek yang kemudian menyebabkan cacat dalam sistem. Data keuangan menjadi sangat kacau, dan hilangnya beberapa informasi. Perusahaan ini kemudian mengajukan klaim kepada konsultan TI tersebut untuk kerugian finansial yang dideritanya.



Seorang insinyur struktur (structural engineer) dikontrak untuk membuat desain struktural suatu bangunan komersial. Setelah tahap konstruksi dilaksanakan setengah jalan, tampak bahwa struktur bangunan tersebut tidak kuat dan akan membutuhkan perancangan ulang, yang mengharuskan dihancurkannya pekerjaan konstruksi yang telah selesai. Insinyur struktur tersebut diputuskan harus bertanggung jawab dan diwajibkan untuk membayar kerugian yang yang disebabkannya.



Pembeli sebuah properti menemukan cacat struktural dan kekurangan pada kondisi properti setelah melakukan pembelian. Pembeli tersebut tidak dapat menemukan penjual dan kemudian membuat klaim terhadap agen real estat. Pembeli berpendapat bahwa agen telah melanggar tugas mereka dengan tidak melakukan inspeksi visual secara kompeten dan seksama, gagal untuk memberikan penjelasan mengenai cacat dan kekurangan pada properti, dan membuat penggambaran yang salah mengenai kondisi properti pada saat proses penjualan.



Tarif Premi & Persyaratan

Tarif premi menyesuaikan dengan besaran risiko profesi, pengalaman, maupun limit of liability. Premi minimum biasanya akan berkisar di angka USD 3,500 per tahun. Untuk permohonan asuransi Professional Liability, biasanya Anda akan diminta mengisi form aplikasi sesuai dengan jenis profesi Anda, melampirkan identitas dan curriculum vitae (individu) atau company profile (badan hukum). Silahkan email ke infoasuransi.aca@gmail.com untuk meminta penawaran asuransinya.

sumber: pusatasuransi

0 komentar:

Posting Komentar