Rabu, 15 November 2017

Cita-Cita Pemerintah Wujudkan Pelabuhan Tanjung Priok Jadi Transhipment Port


Pelabuhan Tanjung Priok dinilai harus lebih efisien jika ingin menjadi pelabuhan transit seperti di Singapura. Keinginan tersebut merupakan suatu cita-cita Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang mengatakan perlunya efisiensi dalam mewujudkan transhipment Jakarta Port.

"Yang namanya transhipment itu akan terjadi baru akan diminati, baru akan terjadi, apabila efisien," kata Budi.

Untuk mencapai efisiensi, Menhub Budi Karya menekankan harus tercipta tarif yang murah dan mudah dalam seluruh prosesnya, terutama pindah kapal (transhipment). "Murah dan tidak complicated dan enggak ada preman," ujarnya.

Ia menambahkan, Pelabuhan Tanjung Priok harus melayani tujuh hari dalam seminggu, saat ini diketahui baru lima hari dalam seminggu. Menurutnya, hal tersebut membuat para pelaku usaha beralih ke negara tetangga untuk mengirimkan barangnya.

"Sabtu-Minggu itu boleh masuk, tapi tidak ada yang tanda tangan dokumen, artinya barang itu tidak bisa keluar," ucapnya, seperti dilansir antaranews.com.

Terkait tarif, Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk mengevaluasi harga yang ditetapkan di Pelabuhan Tanjung Priok yang dinilai kurang kompetitif.

"Kita bandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan yang menjadi kompetitor kita, kalau di sana 10, di sini 20, turunkanlah jadi 12 atau 13, kalau sudah sama ya bagus," tuturnya.

Karena itu, Budi mengusulkan agar Pelabuhan Tanjung Priok diuji coba mengalami perombakan secara keseluruhan, termasuk jajaran pimpinannya.

"Priok itu kita jadikan satu kantor di mana ada pimpinan baru yang memang tidak ada latar belakang pelabuhan, sebagian besar diganti semuanya. Dengan lembaran baru itu, kita akan menerima masukan berbagai pihak, SOP apa yang bermasalah, orang mana saja yang kurang kooperatif," ujarnya.

Budi mengajak seluruh pihak, baik itu Kementerian Perhubungan sendiri, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untu bersama-sama menciptakan pelabuhan yang efisien. Adapun, untuk peningkatan volume, Ia mengimbau agar seluruh pengiriman barang dipusatkan di Tanjung Priok untuk mendorong adanya kapal yang berlayar langsung.

"Kemanfaatan ekonomis dan waktu akan dinikmati oleh pemain-pemain kita sendiri dan akhirnya orang yakin untik membuat industri di Indonesia. Kalau kita sendiri tidak mau menciptakan harga yang lebih singkat, rasa percaya diri investor belum ada," ujarnya.

Namun, ia mengatakan dengan hadirnya perusahaan pelayaran Prancis, Compagnie Maritime d`Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM), yang berlayar seminggu sekali, memberikan tanda-tanda peningkatan daya saing. Meski begitu, ia berharap lebih dari seminggu sekali ditambah dengan pengoperasian kapal RoRo (Roll on/Roll off) untuk barang yang belum berjalan signifikan.

Saat ini, Budi menyebutkan tingkat keterisian CMA-CGM masih berkisar di 50 persen. Namun, seiring dengan dikebutkan pembangunan Pelabuhan Patimban, dia berharap bisa merangsang daya saing dari Pelabuhan Tanjung Priok sendiri.

"Kalau kita memberikan suatu layanan yang baik, dengan harga murah, waktu pendek dengan dua pelabuhan akan menyedot investasi ke sini, tinggal kita menata diri kita untuk kompetitif. Mudah-mudahan dengan adanya Patimban ini, Priok lebih mengerti akan ada kompetisi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pelindo II, Elvyn G Masassya mengaku, pihaknya sudah menyiapkan agar Pelabuhan Tanjung Priok menjadi pelabuhan transit.

"Bukan cuma jadi transhipment, tapi secara geografis sudah strategis di antara pelabuhan lain, kita sudah datangkan mother vessel (kapal induk), peralatan dan pelayanan sudah memadai, kami sudah digitalisasi," katanya.

Sementara itu, Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea Cukai Fajarudin mengatakan, seluruh pengiriman dokumen sudah sistem daring (online).

"Cara dukung transhipment, kuncinya harus lakukan simplifikasi, otomatisasi, fasilitas kepabeanan supaya bisa mengurangi biaya logistik nasional," pungkasnya.

sumber: emaritim

0 komentar:

Posting Komentar