Rabu, 20 Desember 2017

Menyelamatkan Rumah dan Kendaraan dengan 'Asuransi Banjir'


Musibah banjir kerap menimpa masyarakat sejumlah daerah di kala musim hujan. Tak hanya properti, tak jarang banjir juga merusak dan menimbulkan kerugian untuk kendaraan bermotor. 

Persoalannya, belum banyak masyarakat yang memahami bahwa perlindungan asuransi bisa menjamin risiko banjir terhadap aset-aset pelanggan. 

Bahkan, tidak hanya melindungi properti dan kendaraan bermotor pelanggan saja, asuransi yang menjamin risiko banjir merupakan perluasan dari jaminan utama yang dapat menjamin risiko isi properti pelanggan.


Abdul Aziz, Product Management Department Head Adira Insurance mengatakan bahwa asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti dapat ditambahkan dengan perluasan jaminan banjir.

Pelanggan dapat melakukan pengalihan risiko banjir ke pihak yang bersedia menanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi kerugian, dengan cara membeli produk asuransi perluasan banjir. Produk ini menjamin aset-aset pelanggan dari ancaman banjir.

Jaminan perluasan banjir ini juga bisa menjamin isi bangunan atau properti, termasuk barang-barang di dalam bangunan apabila memang tercantum dalam polis saat asuransi didaftarkan.

"Pelanggan dapat mengajukan klaim. Penggantian kerugian berdasarkan hasil analisa nilai kerugian yang dialami Pelanggan sesuai dengan polis asuransi yang dimiliki," kata Aziz, Selasa (21/3). 

"Misalnya, jika mobil mengalami kerugian parsial, maka penggantian kerugiannya adalah berupa biaya perbaikan dan suku cadang. Jika mengalami kerugian total, maka penggantian sesuai nilai pertanggunggan asuransi pada polis Pelanggan."

Jika terdapat pelanggan yang ingin melakukan evakuasi kendaraan atau barang-barang lainnya yang terdapat di bangunan properti atau rumahnya, maka biasanya perusahaan asuransi juga akan menyediakan call center. 

Aziz mencontohkan, Adira Insurance menyediakan call center Adira Care 1500 456 yang menerima laporan maupun permintaan bantuan evakuasi selama 24 jam. 

Selain itu, untuk perluasan jaminan banjir terhadap kendaraan bermotor, Adira Insurance memiliki fasilitas Emergency Road Assistance yang siap membantu Pelanggan dalam kondisi darurat di jalan.

Aziz mengingatkan bahwa risiko banjir merupakan perluasan risiko dalam polis standar. Agar klaim banjir dapat diterima, pelanggan harus memastikan dengan membeli perluasan jaminan yang diakibatkan oleh banjir. 

“Pelanggan harus memahami isi dari polis asuransi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berasuransi. Kami juga akan terus melakukan edukasi terkait dengan isi polis asuransi dan pentingnya berasuransi,” ujar Aziz.

Terkait dengan pentingnya berasuransi, menurut Rian Ardianto, Underwriting Motor Vehicle Department Head Adira Insurance, pada umumnya masyarakat belum menyadari pentingnya berasuransi untuk memproteksi diri dari berbagai kemungkinan kerugian yang dapat timbul sewaktu-waktu. 

“Karena asuransi merupakan produk yang bersifat intangible atau tidak berwujud, maka manfaat dari produk ini baru bisa dirasakan pada saat terjadi kerugian,” ujar Rian.

sumber: cnnindonesia

0 komentar:

Posting Komentar